Selasa, 03 April 2012

TEORI KEPERAWATAN



KONSEP MIDDLE RANGE THEORY



Oleh:

KELOMPOK

          DEWA KADEK ADI SURYA ANTARA DKK


PROGRAM STUDI MAGISTER KEPERAWATAN
FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA
2011







BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pelayanan keperawatan merupakan bagian penting dalam pelayanan kesehatan yang bersifat komprehensif meliputi biopsikososiokultural dan spiritual yang ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat, baik dalam keadaan sehat maupun sakit dengan pendekatan proses keperawatan. Pelayanan keperawatan yang berkualitas didukung oleh pengembangan teori dan model konseptual keperawatan. Perlu diyakini bahwa penerapan suatu teori keperawatan dalam pelaksanaan asuhan keperawatan akan berdampak pada peningkatan kualitas asuhan keperawatan. Pelayanan keperawatan sebagai pelayanan profesional akan berkembang bila didukung oleh teori dan model keperawatan serta pengembangan riset keperawatan dan diimplementasikan di dalam praktek keperawatan.
Asuhan keperawatan merupakan pendekatan ilmiah dan rasional dalam menyelesaikan masalah keperawatan yang ada, dengan pendekatan yang dilakukan tersebut bentuk penyelesaian masalah keperawatan dapat terarah dan terencana dengan baik, dimana dalam asuhan keperawatan terdapat beberapa tahap yaitu pengkajian, penegakkan diagnosa, perencanaan,  implimentasi tindakan, dan evaluasi.
Profesi keperawatan mengenal empat tingkatan teori, yang terdiri dari meta theory, grand theory, middle range theory, dan practice theory. Teori-teori tersebut diklasifikasikan berdasarkan tingkat keabstrakannya, dimulai dari meta theory sebagai yang paling abstrak, hingga practice theory sebagai yang lebih konkrit. Level ke empat dari teori tersebut (metatheory) adalah teori dengan level tertinggi dan dijelaskan dengan prefix “meta”, yang berarti “perubahan pada posisi”, “diluar”, pada level tertinggi, atau “melebihi” dan merujuk pada body of knowledge tentang body of knowledge atau tentang suatu bidang pembelajaran seperti metamatematika (Krippendorf 1986 dalam Sell dan Kalofissudis, 2004). Model konseptual keperawatan dikembangkan oleh para ahli keperawatan dengan harapan dapat menjadi kerangka berpikir perawat, sehingga perawat perlu memahami konsep ini sebagai kerangka konsep dalam memberikan askep dalam praktek keperawatan.
Teori Middle Range yang merupakan level kedua dari teori keperawatan akan dibahas lebih jauh dalam makalah ini.

1.2  Tujuan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk menjelaskan konsep middle range theory dan beberapa teori didalamnya yang dikembangkan oleh beberapa tokoh keperawatan.

1.3  Sistematika Penulisan
Dalam makalah ini akan dibahas:
  • Definisi Middle Range Theories
  • Perbandingan dengan Level Teori yang lain
·         Pengelompokan Teori
  • Ciri Middle Range Theory
  • Perkembangan middle range theory
  • Penggunaan middle range theory
  • Tokoh-tokoh middle range theory




BAB 2
TINJAUAN TEORI

2.1  Definisi Middle Range Theories
Middle range theories dapat didefinisikan sebagai serangkaian ide/ gagasan yang saling berhubungan dan berfokus pada suatu dimensi terbatas yaitu pada realitas keperawatan (Smith dan Liehr, 2008).
Teori-teori ini terdiri dari beberapa konsep yang saling berhubungan dan dapat digambarkan dalam suatu model.  Middle range theories dapat dikembangakan pada tatanan praktek dan riset untuk menyediakan pedoman dalam praktik dan riset/penelitian yang berbasis pada disiplin ilmu keperawatan.

2.2 Perbandingan dengan Level Teori yang lain
Dalam lingkup dan tingkatan abstrak, middle range theory cukup spesifik untuk memberikan petunjuk riset dan praktik, cukup umum pada populasi klinik dan mencakup fenomena yang sama. Sebagai petunjuk riset dan praktek, middle range theory lebih banyak digunakan dari pada grand theory, dan dapat diuji dalam pemikiran empiris.
 Teori Middle-Range memiliki hubungan yang lebih kuat dengan penelitian dan praktik. Hubungan antara penelitian dan praktik menurut Merton (1968), menunjukkan bahwa Teori Mid-Range amat penting dalam disiplin praktik, selain itu Walker and Avant (1995) mempertahankan bahwa mid-range theories menyeimbangkan kespesifikannya dengan konsep secara normal yang nampak dalam grand teori.
Mid-range teori memberikan manfaat bagi perawat, mudah diaplikasikan dalam praktik dan cukup abstrak secara ilmiah.Teori Middle Range, tingkat keabstrakannya pada level pertengahan, inklusif, diorganisasi dalam lingkup terbatas, memiliki sejumlah variabel terbatas, dapat diuji secara langsung.
Kramer (1995) mengatakan bahwa mid-range theory sesuai dengan lingkup fenomena yang relatif luas tetapi tidak mencakup keseluruhan fenomena yang ada dan merupakan masalah pada disiplin ilmu.
Bila dibandingkan dengan grand teori, middle range theory ini lebih konkrit. Merton (1968) yang berberperan dalam pengembangan middle range theory, mendefinisikan teori ini sebagai sesuatu yang minor tetapi penting dalam penelitian dan pengembangan suatu teori.
Sependapat dengan Merton, beberapa penulis keperawatan mengemukakan middle range theory jika dibandingkan dengan grand theory:
a.       ruang lingkupnya lebih sempit
b.      lebih konkrit, fenomena yang disajikan lebih spesifik
c.       terdiri dari konsep dan proposisi yang lebih sedikit
d.      merepresentasikan bidang keperawatan yang lebih spesifik/ terbatas
e.       lebih dapat diuji secara empiris
f.       lebih dapat diaplikasikan secara langsung dalam tatanan praktik

Berikut adalah beberapa contoh middle range theory yang diturunkan dari grand theory:


2.3 Pengelompokan Teori
Berdasarkan pengelompokkannya Middle Range Theory dikelompokkan oleh beberapa penyusun buku menurut:
  1. Peterson & Bredow (2004)
    mengklasifikasikan middle range theories ke dalam tipe-tipe :
a.       Tipe fisiologis
b.      Tipe kognitif
c.       Tipe emosional
d.      Tipe sosial
e.       Tipe integrative
  1. Tomey & Alligood (2006), berdasar tema masing-masing teori:
a.       Illness trajectory (Wiener & Dodd, 1993)
b.      Tidal Model (Phil Barker, 2001)
c.       Comfort (Kolcaba, 1992)
d.      Peacefull end of life (Ruland & More, 1998) dan sebagainya

2.4 Ciri Middle Range Theory
a. Menurut Mc. Kenna h.p. (1997) :
1.         Bisa digunakan secara umum pada berbagai situasi
2.         Sulit mengaplikasikan konsep ke dalam teori
3.         Tanpa indikator pengukuran
4.         Masih cukup abstrak
5.         Konsep dan proposisi yang terukur
6.         Inklusif
7.         Memiliki sedikit konsep dan variabel
8.         Dalam bentuk yang lebih mudah diuji
9.         Memiliki hubungan yang kuat dengan riset dan praktik
10.     Dapat dikembangkan secara deduktif, retroduktif. Lebih sering secara induktif menggunakan studi kualitatif
11.     Mudah diaplikasikan ke dalam praktik, dan bagian yang abstrak merupakan hal ilmiah yang menarik
12.     Berfokus pada hal-hal yang menjadi perhatian perawat.
13.     Beberapa di antaranya memiliki dasar dari grand teori
14.     Mid-range theory  tumbuh langsung dari praktik.

b. Menurut Meleis, A. I. (1997) :
1.      Ruang lingkup terbatas,
2.      Memiliki sedikit abstrak,
3.      Membahas fenomena atau konsep yang lebih spesifik, dan
4.      Merupakan cerminan praktik (administrasi, klinik, pengajaran)

c. Menurut Whall (1996) :
1.      Konsep dan proposisi spesifik tentang keperawatan
2.      Mudah diterapkan
3.      Bisa diterapkan pada berbagai situasi
4.      Proposisi bisa berada dalam suatu rentang hubungan sebab akibat

2.5 Perkembangan middle range theory
Liehr & Smith (1999) menjelaskan bahwa perkembangan middle range theory bersumber pada proses intelektual yang meliputi:
a.       Teori induktif yang membangun teori melalui riset
b.      Teori deduktif yang berasal dari grand theory
c.       Kombinasi dari teori keperawatan dan non keperawatan
d.      Sintesa teori yang berasal dari penelitian yang telah terpublikasi
e.       Mengembangkan teori dari pedoman praktik klinik
Beberapa teori keperawatan yang sudah berkembang, telah dikombinasikan dengan teori dari disiplin ilmu lain untuk membentuk middle range theory. Sebagian besar Middle range theory bersumber pada penemuan dari penelitian yang telah terpublikasi.

2.6 Penggunaan middle range theory
Middle range theory telah digunakan dalam bidang praktik dan penelitian. Teori ini mampu menstimulasi dan mengembangkan pemikiran rasional dari penelitian.serta membimbing dalam pemilihan variable dan pertanyaan penelitian.(Lenz,1998.p.26) Middle range Teori dapat membantu praktik dengan memfasilitasi pemahaman terhadap perilaku klien dan memungknkan untuk menjelaskan beberapa efektifitas dari intervensi.
Review terhadap beberapa penelitian yang dipublikasikan mengungkapkan penggunaan Middle Range Teori dalam penelitian keperawatan masih cukup luas. Dan sebagian besar Middle Range Teori berasal dari disiplin ilmu lain.Hal ini sangat jelas ketika kita membandingkan seberapa sering Middle Range Teori dan Grand Teori dikutip dalam literatur penelitian keperawatan. Dari 173 penelitian, yangdiidentifikasi menggunakan teori adalah 79 (45%). Dan dari 79 penelitian tersebut diidentifikasi hanya 25 penelitian yang benar-benar menggunakan teori keperawatan dan 54 lainnya menggunakan mengadopsi dari disiplin ilmu lainnya dan kebanyakan dari ilmu psikologi.

2.7 Kontroversi Tentang Middle Range Teori
Identifikasi middle Range Teori telah cukup jelas.Disisi lain ,Chenitz, seorang penulis utama dari Entry into a Nursing Home as Status Passage,memasukan teori ini ke dalam praktikal teori ini., sedangkan yang lainnya memasukkan kedalam middle range teori. Dalam analisis dasar Middle Range Teori “ Pertanyaan tentang Middle Range teori bukanlah merupakan sesuatu pernyataan hitam dan putih namun memiliki definisi yang jelas. Middle Range Teori mengandung nilai abstrak, tidak terlalu luas namun juga tidak terlalu sempit, tetapi berada pada kondisi dipertengahan.Untuk mencegah salah penafsiran dalam pemahaman terhadap teori, para penemu  teori harus memberikan Identitas Teori terhadap komponen  konsep dalam teori tersebut.
Ketidakakuratan dari  middle range teori hanya salah satu dari sekian banyak kritik terhadap teori ini. Selain hal tersebut, ketidakjelasan definisi middle range teori telah dikritisi untuk membedakannya  dengan Grand Teori,karena mampu untuk  diuji meggunakan ide postif –logis.
           




2.8  Tokoh-tokoh middle range theory
1.    Ramona T. Mercer
Ramona T. Mercer mengembangkan Salah satu model konseptual keperawatan yang mendasari keperawatan meternitas yaitu Maternal Role Attainment-Becoming a Mother. Fokus utama dari teori ini adalah gambaran proses pencapaian peran ibu dan proses menjadi seorang ibu dengan berbagai asumsi yang mendasarinya. Model ini juga menjadi pedoman bagi perawat dalam melakukan pengkajian pada bayi dan lingkungannya, digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan bayi, memberikan bantuan terhadap bayi dengan pendidikan dan dukungan, memberikan pelayanan pada bayi yang tidak mampu untuk melakukan perawatan secara mandiri dan mampu berinteraksi dengan lingkungannya.
Konsep teori Mercer ini dapat diaplikasikan dalam perawatan bayi baru lahir terutama pada kondisi psikososial dan emosional bayi baru lahir masih sering terabaikan. Model konseptual Mercer memandang bahwa sifat bayi berdampak pada identitas peran ibu. Respon perkembangan bayi baru lahir yang berinteraksi dengan perkembangan identitas peran ibu dapat diamati dari pola perilaku bayi.
Model pencapaian peran maternal yang dikemukakan oleh Mercer dengan menggunakan konsep Bronfenbrenner’s (1979) memperlihatkan bagaimana lingkungan berpengaruh terhadap pencapaian peran ibu (dapat dilihat gambar di bawah).
http://books.google.co.id/books?id=M_xn80tACcoC&pg=PA607&img=1&zoom=3&hl=id&sig=ACfU3U3LpQ_M3fJxZWolZkG_BsPd17Kzog&w=800

  1. Paradigma Keperawatan Bedasarkan Model Konseptual Ramona T. Mercer
Keperawatan
Mercer (2004) mengemukakan bahwa keperawatan adalah profesi yang dinamis dengan tiga fokus utama yaitu promosi kesehatan, mencegah kesakitan dan menyediakan layanan keperawatan bagi yang memerlukan untuk mendapatkan kesehatan yang optimal serta penelitian untuk memperkaya dasar pengetahuan bagi pelayanan keperawatan. Pengkajian selanjutnya pada klien dan lingkungan, perawat mengidentifikasi tujuan klien, menyediakan layanan pada klien yang meliputi dukungan, pendidikan dan pelayanan keperawatan pada klien yang tidak mampu merawat dirinya sendiri.



Manusia
Mercer tidak mendefinisikan secara spesifik mengenai konsep manusia namun mengarah pada diri dan inti diri. Mercer memandang diri sebagai bagian dari peran yang dimainkan. Wanita sebagai individu dapat berperan menjadi orang tua jika telah melalui mother-infant dyad. Inti dari manusia tersusun dari konteks budaya dan dapat mendefinisikan dan membentuk situasi. Konsep kepercayaan diri dan harga diri sebagai manusia terpisah dari interaksi dengan bayinya dan ayah dari bayinya atau orang lain yang berarti saling mempengaruhi.
Kesehatan
Mercer mendefinisikan status kesehatan dari orang tua sebagai persepsi kesehatan mereka yang lalu, kesehatan saat ini, harapan tentang kesehatan, resiko terhadap penyakit, kekhawatirkan dan perhatian tentang kesehatan, orientasi pada penyakit dan penyembuhannya, status kesehatan bayi baru lahir dengan tingkat kehadiran penyakit dan status kesehatan bayi oleh orang tua pada kesehatan secara menyeluruh. Kesehatan dipandang sebagai keinginan yang ditunjukkan untuk bayi. Mercer mengemukakan bahwa stress suatu proses yang memerlukan perhatian penting selama perawatan persalinan dan proses kelahiran.
Lingkungan
Definisi lingkungan yang dikemukakan oleh Mercer diadaptasi dari definisi Bronfenbrenner’s tentang ekologi lingkungan dan berdasarkan teori awalnya. Mercer menjelaskan tentang perkembangan tidak dapat menjadi bagian dari lingkungan, terdapat akomodasi mutual antara perkembangan individu dan perubahan sifat dengan segera. Stress dan dukungan sosial dalam lingkungan mempengaruhi untuk mencapai peran maternal dan paternal serta perkembangan anak.



b. Pencapaian Peran Ibu : Mercer’s Original Model
Maternal Role Attainmen yang dikemukakan oleh Mercer merupakan sekumpulan siklus mikrosistem, mesosistem dan makrosistem. Model ini dikembangkan oleh Mercer sejalan pengertian yang dikemukakan Bronfenbrenner’s, yaitu :
a.        Mikrosistem adalah lingkungan segera dimana peran pencapaian ibu terjadi. Komponen mikrosistem ini antara lain fungsi keluarga, hubungan ibu-ayah, dukungan sosial, status ekonomi, kepercayaan keluarga dan stressor bayi baru lahir yang dipandang sebagai individu yang melekat dalam sistem keluarga. Mercer (1990) mengungkapkan bahwa keluarga dipandang sebagai sistem semi tertutup yang memelihara batasan dan pengawasan yang lebih antar perubahan sengan sistem keluarga dan sistem lainnya.
b.        Mesosistem meliputi, mempengaruhi dan berinteraksi dengan individu di mikrosistem. Mesosistem mencakup perawatan sehari-hari, sekolah, tempat kerja, tempat ibadah dan lingkungan yang umum berada dalam masyarakat.
c.         Makrosistem adalah budaya pada lingkungan individu.
Makrosistem terdiri atas sosial, politik. Lingkungan pelayanan kesehatan dan kebijakan sistem kesehatan yang berdampak pada pencapaian peran ibu.
Maternal Role Attainment adalah proses yang mengikuti 4 (empat) tahap penguasaan peran, yaitu :
1.        Antisipatori : tahapan antisipatori dimulai selama kehamilan mencakup data sosial, psikologi, penyesuaian selama hamil, harapan ibu terhadap peran, belajar untuk berperan, hubungan dengan janin dalam uterus dan mulai memainkan peran.
2.        Formal : tahapan ini dimuai dari kelahiran bayi yang mencakup proses pembelajaran dan pengambilan peran menjadi ibu. Peran perilaku menjadi petunjuk formal, harapan konseptual yang lain dalam sistem sosial ibu.
3.        Informal : merupakan tahap dimulainya perkembangan ibu dengan jalan atau cara khusus yang berhubungan dengan peran yang tidak terbawa dari sistem sosial. Wanita membuat peran barunya dalam keberadaan kehidupannya yang berdasarkan pengalaman masa lalu dan tujuan ke depan.
4.        Personal atau identitas peran yang terjadi adalah internalisasi wanita terhadap perannya. Pengalaman wanita yang dirasakan harmonis, percaya diri, kemampuan dalam menampilkan perannya dan pencapaian peran ibu.
Tahapan pencapaian peran ibu ini berkaitan dan sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi baru lahir Respon perkembangan bayi sebagai respon terhadap perkembangan peran ibu adalah:
a.     Kontak mata dengan ibu saat ibu bicara, refleks  menggenggam
b.    Refleks tersenyum dan tenang dalam perawatan ibu
c.     Perilaku interaksi tang konsisten dengan ibu
d.    Becoming a Mother Menimbulkan respon dari ibu; meningkatkan aktifitas.

c. Model Revisi pada tahun 2003, Mercer merevisi model maternal role attainment menjadi a becoming mother.
Pada model ini ditempatkan interaksi antara ibu, bayi dan ayah sebagai sentral interaksi yang tinggal dalam satu lingkungan (dapat dilihat dalam gambar di bawah).
http://books.google.co.id/books?id=M_xn80tACcoC&pg=PA615&img=1&zoom=3&hl=id&sig=ACfU3U3pDoBRvbN5hS_YHheyoeGzAVDWgQ&w=685
Dalam model ini dijelaskan variabel lingkungan keluarga dan teman meliputi dukungan sosial, nilai dari keluarga, budaya, fungsi keluarga dan stressor. Lingkungan komunitas meliputi perawatan sehari-hari, tempat kerja, sekolah, rumah sakit, fasilitas rekreasi dan pusat kebudayaan. Lingkungan yang lebih besar dipengaruhi oleh hukum yang berhubungan dengan perempuan dan anak-anak, termasuk ilmu tentang bayi baru lahir, kesehatan reproduksi, budaya terapan dan program perawatan kesehatan nasional.

d.      Kelemahan Teori
Teori Mercer sangat aplikatif jika ditujukan untuk mengkaji kondisi yang berkaitan dengan pencapaian peran namun teori ini belum aplikatif dalam menggali data yang berhubungan dengan kebutuhan dasar terutama pemenuhan kebutuhan fisik. Oleh karena itu penerapan konsep Mercer perlu dimodifikasi dengan teori lain untuk melengkapi kekurangannya.




2.        Katharine Kolcaba
Kolcaba mengembangkan Teori Kenyamanan melalui tiga jenis pemikiran logis antara lain :
1.    Induksi
Induksi terjadi ketika penyamarataan dibangun dari suatu kejadian yang diamati secara spesifik. Di mana perawat dengan sungguh-sungguh melakukan praktek dan dengan sungguh-sungguh menerapkan keperawatan sebagai disiplin, sehingga mereka menjadi terbiasa dengan konsep Implisit atau eksplisit, terminologi, dalil, dan asumsi pendukung praktek mereka. Ketika perawat lulus sekolah, mereka mungkin diminta untuk menjelaskan diagram prakteknya, yang mana tugas tersebut sangatlah mudah.
2.    Deduksi
Deduksi adalah suatu format dari pemikiran logis di mana kesimpulan spesifik berasal dari prinsip atau pendapat yang lebih umum; prosesnya dari yang umum ke yang spesifik. Langkah mengurangi pengembangan teori mengakibatkan teori kenyamanan dapat dihubungkan dengan konsep lain untuk menghasilkan suatu teori. Kerja dari tiga ahli teori keperawatan diperlukan untuk mendefinisikan kenyamanan. Oleh karena itu Kolcaba lebih dulu melihat di tempat lain untuk bekerja secara bersama untuk menyatukan  kebutuhan seperti keringanan, ketentraman dan hal yang penting. Apa yang dibutuhkan, dia merealisir suatu yang abstrak dan kerangka konseptual umum yang sama dengan kenyamanan dan berisi dalam jumlah banyak yang bersifat abstrak.
3.    Retroduksi
Retroduksi adalah suatu format pemikiran untuk memulai ide. Bermanfaat untuk memilih suatu fenomena yang dapat dikembangkan lebih lanjut dan diuji. Pemikiran jenis ini diterapkan di (dalam) bidang di mana tersedia sedikit teori. Seperti pada kasus hasil riset, di mana saat ini memusat pada pengumpulan database besar untuk mengukur hasil dan berhubungan pada pengeluaran untuk jenis keperawatan, medis, institusi, atau protokol masyarakat. Penambahan suatu kerangka teori keperawatan untuk riset hasil akan meningkatkan area penelitian keperawatan karena praktek dasar teori memungkinkan perawat untuk mendisain intervensi yang sama dan selaras dengan hasil yang diinginkan.

Teori Comfort dari Kolcaba ini menekankan pada beberapa konsep utama beserta definisinya, antara lain :
1.        Health Care Needs
Kolcaba mendefinisikan kebutuhan pelayanan kesehatan sebagai suatu kebutuhan akan  kenyamanan, yang dihasilkan dari situasi pelayanan kesehatan yang stressful, yang tidak dapat dipenuhi oleh penerima support system tradisional. Kebutuhan ini meliputi kebutuhan fisik, psikospiritual, sosial dan lingkungan, yang kesemuanya membutuhkan monitoring, laporan verbal maupun non verbal, serta kebutuhan yang berhubungan dengan parameter patofisiologis, membutuhkan edukasi dan dukungan serta kebutuhan akan konseling financial dan intervensi.
2.        Comfort
Comfort merupakan sebuah konsep yang mempunyai hubungan yang kuat dalam keperawatan. Comfort diartikan sebagai suatu keadaan yang dialami oleh penerima yang dapat didefinisikan sebagai suatu pengalaman yang immediate yang menjadi sebuah kekuatan melalui  kebutuhan  akan keringanan (relief), ketenangan (ease), and (transcedence) yang dapat terpenuhi dalam empat kontex pengalaman yang meliputi aspek fisik, psikospiritual, sosial dan lingkungan.
Beberapa tipe Comfort  didefinisikan sebagai berikut:
a.    Relief, suatu keadaan dimana seorang penerima (recipient) memiliki pemenuhan kebutuhan yang spesifik
b.    Ease, suatu keadaan yang tenang dan kesenangan
c.    Transedence, suatu keadaan dimana seorang individu mencapai diatas masalahnya.


Kolcaba, (2003) kemudian menderivasi konteks diatas menjadi beberapa hal berikut :
a.     Fisik, berkenaan dengan sensasi tubuh
b.    Psikospiritual, berkenaan dengan kesadaran internal diri, yang meliputi harga diri, konsep diri, sexualitas, makna kehidupan hingga hubungan terhadap kebutuhan lebih tinggi.
c.     Lingkungan, berkenaan dengan lingkungan, kondisi, pengaruh dari luar.
d.    Sosial, berkenaan dengan hubungan interpersonal, keluarga, dan hubungan sosial
3.        Comfort Measures
Tindakan kenyamanan diartikan sebagai suatu intervensi keperawatan yang didesain untuk memenuhi kebutuhan kenyamanan yang spesifik dibutuhkan oleh penerima jasa, seperti fisiologis, sosial, financial, psikologis, spiritual, lingkungan, dan intervensi fisik.
4.        Enhanced Comfort
Sebuah outcome yang langsung diharapkan pada pelayanan keperawatan, mengacu pada teori comfort ini.
5.      Intervening variables
Didefinisikan sebagai kekuatan yang berinteraksi sehingga mempengaruhi persepsi resipien dari comfort secara keseluruhan. Variable ini meliputi pengalaman masa lalu, usia, sikap, status emosional, support system, prognosis, financial, dan keseluruhan elemen dalam pengalaman si resipien.
6.      Health Seeking Behavior (HSBs)
Merupakan sebuah kategori yang luas dari outcome berikutnya yang berhubungan dengan pencarian kesehatan yang didefinisikan oleh resipien saat konsultasi dengan perawat. HSBs ini dapat berasal dari eksternal (aktivitas yang terkait dengan kesehatan), internal (penyembuhan, fungsi imun,dll.)
7.      Institusional integrity
Didefinisikan sebagai nilai nilai, stabilitas financial, dan keseluruhan dari organisasi pelayanan kesehatan pada area local, regional, dan nasional. Pada sistem rumah sakit, definisi institusi diartikan sebagai pelayanan kesehatan umum, agensi home care, dll.

Teori kenyamanan yang dikembangkan dalam artikel oleh Kolcaba mudah dimengerti dan dipahami, selain itu teori ini kembali kepada keperawatan dasar dan misi/tujuan keperawatan tradisional yaitu kenyamanan.
Teori ini melibatkan semua aspek (holistik) yang meliputi fisik, psikospiritual, lingkungan dan sosial kultural. Namun untuk menilai semua aspek tersebut dibutuhkan komitmen tinggi dan kemampuan perawat yang trampil dalam hal melakukan asuhan keperawatan berfokus kenyamanan (pengkajian hingga evaluasi), yang di dalamnya dibutuhkan teknik problem solving yang tepat.

3.        Pamela G.Reed (Teori Self Transendensi)
1.                Vulnerability
Kesadaran seseorang akan adanya kematian, Konsep vulnerable meningkatkan kesadaran akan situasi mendekati kematian termasuk di dalamnya adalah keadaan gawat seperti disabilitas, penyakit kronik, kelahiran, dan pengasuhan.
2.                Self-Transcendence
Transendensi diri berarti suatu gerak melampaui apa yang telah dicapai, suatu gerak dari yang kurang baik menjadi baik dan dari yang baik menjadi lebih baik.
Menurut Pamela G Reed, Self Transcendence didefiniskan sebagai pengembangan konsep diri dibatasi secara mulitidimensi yaitu :
Ø    Inwardly  (batiniah) : melakukan refleksi introspeksi diri terhadap pengalaman- pengalaman yang telah dialami.
Ø    Outwardly  (lahiriah), diartikan pentingnya berinteraksi dengan lingkungannya.
Ø    Temporally (duniawi) : menggunakan pengalaman masa lalu sebagai pelajaran untuk mencapai tujuan masa depan.
3.    Well-Being
Didefiniskan sebagai perasaan sehat secara menyeluruh baik fisik, psikologis, sosial, budaya dan spiritual yang menunjukkan suatu kesejahteraan dan keadan yang baik.
4.    Moderating-Mediating Factors
Faktor-faktor  yang mempengaruhi proses transendensi diri yang berkontribusi terhadap kondisi yang baik, misalnya : usia, jenis kelamin, kemamapuan kognitif, pengalaman hidup, persepsi spiritual, lingkungan sosial, dan riwayat masa lalu.
5.    Point of Intervention
Berdasarkan teori transendensi diri, terdapat dua poin intervensi.
Ø  Tindakan keperawatan secara langsung berfokus pada sumber-sumber yang berasal dari dalam diri seseorang terhadap transendensi diri
Ø  Tindakan yang  berfokus pada beberapa faktor personal dan kontekstual yang mempengaruhi hubungan antara transendensi diri dan vulnerabel ; hubungan antar transendensi diri dan keadaan baik/sehat.

Asumsi Mayor
1)   Health
Sehat, didefinisikan secara mutlak sebagai proses kehidupan dari dua hal yaitu pengalaman negatif dan positif,  dimana individu menciptakan lingkungan dan nilai-nilai unik yang mendukung kesejahteraan (well- being).


2)   Nursing
Peran keperawatan adalah untuk mendampingi orang-orang (persons) melalui proses interpersonal dan manajemen terapeutik pada lingkungannya dengan membutuhkan keterampilan untuk mendukung kesehatan (health) dan kesejahteraan (well-being).
3)   Person
Person dipahami sebagai perkembangan masa kehidupannya dalam berinteraksi dengan orang lain dan perubahan lingkungan yang kompleks yang dapat berkontribusi secara positif dan negative terhadap kesehatan dan keadaan baik.
4)   Environment
Keluarga, jaringan sosial, lingkungan fisik dan komunitas adalah lingkungan yang secara signifikan berkontribusi pada proses kesehatan dimana perawat mempengaruhinya dengan mengatur interaksi yang terapeutik antara individu dan aktivitas keperawatan.

Pernyataan Teoritis
Model teori self transcendence mengusulkan tiga macam hubungan :
1)      Peningkatan vulnerability dihubungkan dengan peningkatan self transcendence.
2)      Self transcendence berhubungan secara positif dengan kesejahteraan (well-being).
3)      Faktor-faktor personal dan eksternal bisa mempengaruhi hubungan antara vulnerability dengan self transcendence dan antara self transcendence dan well- being.






                                                           
Vulnerability                  +       Self-transcendence          +          Well-Being
                                    +   -                                                     
                                                                                                +    -
                                   
+                 Factor-faktor personal danKontextual                                                                                           yang berhubungan dengan secara                                                                                             media atau hubungan moderate
       
Point intervensi                              +    -                                                                                 untuk meningkatkan self                                                                                              Transcedence
Skema 2 : Teori Model Self-Trancendence

Terdapat 3 dalil yang berkembang menggunakan tiga konsep dasar tersebut, antara lain :
1)      Dalil Pertama, self transcendence merupakan kehebatan seseorang saat menghadapi akhir dari kehidupan dibanding ia tidak mengalaminya, atau dengan pengalaman-pengalaman lain yang meningkatkan kesadaran akan kematian.
2)      Dalil yang kedua yaitu batasan-batasan konseptual yang dihubungkan dengan kesejahteraan (well-being), yang secara  fluktuasi akan mempengaruhi secara positif atau negatif well being sepanjang masa kehidupan.
Contoh : Peningkatan penampilan dan perilaku self transcendence diharapkan berkaitan secara positif dengan kesehatan mental sebagai indicator well-being seseorang,  sedang pengaruh negative seperti ketidakmamapuan untuk mencapai atau menerima orang lain (berteman) akan mengarah pada depresi sebagai indicator kesehatan mental.
Dalil yang ketiga adalah proses person dengan lingkungan, yang berfungsi sebagai korelasi, moderator, atau mediator yang menghubungkan antara vulnerable, transendensi diri dan keadaan sejahtera (well being).
4.             Carolyn L Wiener
a.        KONSEP MAYOR DAN DEFINISI TRAJECTORY ILLNESS (WIENER DAN DODD)
Hidup disituasikan dalam konteks biografi,konsepsi diri berakar pada kondisi fisik dan diformulasikan berdasarkan kemampuan menerima untuk membentuk kebiasaan atau aktifitas yang diharapkan dalam mencapai tujuan dari aturan yang berbeda.Interaksi dengan orang lain adalah pengaruh utama (major influence) untuk membentuk suatu konsep diri. Sebagai ragam peran perilaku,seseorang memonotor reaksi orang lain dan merasakan dirinya merupakan bagian yang terintegrasi dari proses yang dibentuk/dihasilkan.
       Identity/Identitas,temporality/hal keduniawian dan Tubuh adalah elemen kunci dalam konteks biografi sebagai berikut:
·           Identity   : Pembentukan diri sendiri yang memberikan waktu utnuk menyatukan multtipel aspek dari diri dan situasi didalam tubuh kita.
·           Temporality        : Biografi waktu yang direfleksikan didalam aliran kehidupan terhadap pembelajaran kejadian, persepsi masa lalu,saat ini dan masa depan untuk membentuk diri
·           Body                   : Aktifitas kehidupan dan pembentukan persepsi berdasarkan pada tubuh.

Pengalaman tentang sakit selalu ditempatkan alam konteks biografi oleh karena itu kondisi sakit adalah pengalaman yang masih berlanjut.Domain dari kondisi sakit adalah berhubungan dengan ketidakpastian bervariasi dalam dominasi di lintasan penyakit (table 30.1) melalui aliran dinamis dari persepsi tentang diri dan interaksi dengan orang lain. Aktifitas dari hidup dan kehidupan seseorang dalam kondisi sakit merupakan bentuk kerja .Lingkungan dari kerja termasuk individu dan yang lainnya dengan semua interaksi,termasuk keluarga dan pelayanan kesehatan. Semua komponen yang berperan tersebut disebut total organisasi. Seorang yang sakit (pasien) merupakan pekerja utama namun semua pekerjaan yang diambil didalamnya dipengaruhi oleh total organisasi.
            Tipe pekerjaan yang diorganisasikan meliputi 4 line dari lintasan kerja yang dibentuk oleh pasien dan keluarganya :
1.             Illness related work : diagnostic, manajemen gejala,regimen perawatan dan pencegahan krisis
2.             Everyday life work     :Aktifitas sehari, kegiatan rumah tangga, mempertahankan suatu kemampuan kerja, hubungan yang berkesinambungan dan rekreasi.
3.             Biografikal work         :Pertukaran informasi,ekspresi dari emosi, divisi tugas,termasuk interaksi dengan total organisasi
4.             Uncertainty abatement work: aktifitas berlaku untuk mengurangi dampak ketidakpastian  temporality,body dan identity.
Keseimbangan dalam tipe kerja adalah responsive dan dinamis,fluktuatif seiring waktu,situasi,persepsi dan beberapa variasi player dalam total organisasi dalam rangka mengatasi masalah ketidakseimbangan. Semua itu saling mempengaruhi tipe kerja membentuk tekanan yang ditandai dengan bagian yang paling dominan dari tipe kerja.Diseluruh lintasan.Ingatlah, meskipun konteks biografi bersumber dari tubuh,perubahan tubuh melalui perjalanan penyakit dan penanganannya,kapasitas untuk membentuk kepastian tipe kerja  mengharuskan satu identitas telah terbentuk.
Itulah yang membuat strategi mempengaruhi pembentukan diri termasuk dipantau respon lain terhadap strategi ketika mereka mencoba untuk mengatur kehidupan seseorang yang menderita penyakit.
           Illnes Trajectory : Kondisi ketidakpastian






DOMAIN
SUMBER KETIDAKPASTIAN
DIMENSI KETIDAKPASTIAN
Uncertain tempotaly…








-Hidup adalah penerimaan untuk kondisi yang konstan at flux berhubungan dengan sakit dan pengobatannya
-Diri pada saat lampau dipandang berbeda (jalan untuk mencapainya)
-Harapan saat ini dipengaruhi oleh kesakitan dan pengobatannya
-Antisipasi dimasa depan meningkat
-Kehilangan dari temporality
  • Durasi:berapa lama
  • Pace :seberapa cepat
  • Frekuensi: berapa sering pengalaman waktu yang terdistorsi(berbaring, terpaksa,dibatasi)

Uncertain Body : Perubahan Berhubungan dengan penyakitnya dan penanganan berfokus pada satu kemampuan untuk membentuk aktifitas biasa,melibatkan penampilan,fungsi fisiologis dan respon terhadap pengobatan
-Guncangan jiwa (kegagalan tubuh)
-Konsepsi dari pembentukan tubuh(cara penggunaannya) datang dengan perubahan status tubuh saat ini dan harapan berubah bagaimana melakukan di masa depan.
  • Ambigu dalam membaca tanda tubuh
  • Perhatian terhadap sekeliling:
-Apa yang akan terjadi terhadap tubuh
-Membahayakan resistensi tubuh
-Keberhasilan dan resiko pengobatan
-Penyakit yang berulang
Uncertain Identity : Interpretasi dari diri terdistorsi sebagai tubuh yang gagal untuk melakukan kegiatan seperti biasa dan harapan yang berhubungan dengan kejadian (temporality)yang berubah karena sakit dan pengobatan.
-Kegagalan tubuh dan kesulitan membaca pengaturan tubuh membentuk konsepsi diri
-Skewed temporality merubah kehidupan yang diharapkan.
-Kehidupan yang diharapkan telah hancur
-Bukti yang diperoleh dalam membaca tubuh tidak mampu ditafsirkan dalam kerangka pemahaman biasa
-Harapan adalah suatu yang berkesinambungan meskipun terjadi perubahan keadaan

Uncertainty Abatemen Work/Ketidakpastian penurunan kerja
Tipe aktifitas
Perilaku yang muncul
-Pacing
-Berbaring atau perubahan aktifitas rutin
Menjadi pasien professional
-Menggunakan istilah-istilah berhubungan dengan sakit dan pengobatan
-Melakukan perawatan diri langsung
-Mengembangkan kemampuan dengan supermedikalisasi
-Mencari dan memperkuat perbandingan
-Membandingkan diri dengan orang lain yang kondisinya lebih buruk untuk meyakinkan diri baha tidak akan menjadi lebih buruk.
Terlibat dalam tinjauan/review
-Melihat kebelakang untuk menginterpretasikan gejala atau kondisi emergency dan interaksi dengan yang lain dalam organisasi.
Menetapkan tujuan
-Melihat jauh kedepan untuk membangkitkan gairah hidup
Menutupi/covering up
-Menutupi kondisi sakit atau emosi
-Bucking up untuk mencegah stigma atau melindungi yang lain
Mencari tempat yang aman untuk melepaskan
-Mengemukakan tempat dimana,atau siapa orangnya, emosi yang sesungguhnya dan perasaan harus bisa diekspresikan dengan suasana yang mendukung
Memilih jaringan pendukung
-Selektif dalam memilih seorang yang mampu mendukung secara positif
Mengambil tanggung jawab
-menegaskan hak untuk menjalankan pengobatan
Asersi Teori/Pernyataan Teori
Fokus dalam konteks sosial untuk bekerja dan hubungan sosial mempengaruhi kehidupan seseorang dalam teori Illness Trajectori berdasarkan seminal kerja dari Corbin dan Strauss(1988).Sebagai pekerj sentral,aksi diambil oleh seseorang yang mengatur dampak dari seorang yang sakit,termasuk Biografi(Concept of self) dan sosiologi ( interaksi dengan orang lain).Dari perspektif ini mengatur gangguan yang muncul (Koping ketidakpastian) mempengaruhi beberapa pemain yang berperan dalam organisasi sebaik kondisi sosial. Adanya kompleksitas termasuk interaksi multi konteks dan dengan pengalaman pemain yang berperan dalam trajectory Illnes, koping merupakan proses yang sangat bervariasi dan dinamis.
            Secara alami hal ini diantisipasi bahwa lintasan kehidupan pada seseorang dengan kanker memiliki fase yang bisa dilihat atau tingkatan yang mungkin diidentifikasi oleh pergeseran utama,keluhan yang dilaporkan,tantangan dan aktifitas.Hal ini secara rasional dilihat dari data kualitatif tiga point selama pengobatan kemoterapi.
Konsep penulis ketidak pastian dengan kehilangan control menjelaskan sebagai masalah utama dalam kondisi sakit kanker(Wiener dan Dodd.1993 hal.18). Asersi teorinya adalah merefleksikan lebih jauh dalam mengidentifikasi core sosial-psikologi proses kehidupan dari penderita kanker mentoleransi ketidakpastian yang berkaitan dengan penyakit.Faktor yang mempengaruhi derajat ekspresi ketidakpastian oleh pasien dan keluarga berdasarkan teori kerangka kerja dari total organisasi dan kondisi eksternal sosial termasuk dukungan alami keluarga, sumber keuangan dan kualitas bantuan dari petugas kesehatan.
Logical Form
            Bentuk logis utama yang menghasilkan teori dasar adalah induktif. Membaca anlisis dari interview untuk mengidentifikasi proses utama yang menyatukan pernyataan teori : toleransi ketidakastian. Sistematik koding proses yang digunakan untuk melakukan kesepakatan dengan penyakit dan konsekuensinya dan kemudian memberi wawasan karena diuji dalam pengembangan teori dan ditulis untuk pengembangan pemahaman dari Trajectory Illnes untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

Penerimaan Dari Komunitas Keperawatan
Pentingnya teori Illnes Trajectory untuk keperawatan praktis dikembangkan dalam kerangka kerja untuk memahami bagaimana pasien kanker mampu bertoleransi terhadap kondisi ketidakpastian yang memunculkan seuatu kehilangan control.Identifikasi tipe ketidakpastian khususnya dapat digunakan untuk strategi pasien onkologi untuk memanage hidupnya secara normal dan sebisa mungkin bangkit dari ketidakpastian akibat diagnose kanker. Kesadaran atas kondisi ini berhubungan dengan managemen strategi untuk pasien dan keluarga yang sedang mendapat pengobatan kemoterapi.

5.         Cheryl Tatano Beck, DNSc, CNM, FAAN
Teori Depresi Postpartum/ Postpartum Depression Theory
Cheryl adalah seorang profesor di University of Connecticut . Beliau telah menerima berbagai penghargaan seperti Eastern Nursing Research Society's Distinguished Researcher Award, the Distinguished Alumna Award from Yale University and the Connecticut Nurses' Association's Diamond Jubilee Award untuk kontribusinya pada penelitian keperawatan.
Selama 20 tahun terakhir Cheryl telah memfokuskan penelitiannya pada upaya pengembangan program penelitian pada mood postpartum dan gangguan kecemasan. Beliau telah meneliti secara ekstensif menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan temuan dari beberapa penelitian kualitatif nya, Cheryl telah mengembangkan Skala Skrining Depresi Postpartum/ Postpartum Depression Screening Scale (PDSS) yang diterbitkan oleh Western Psychological Services.
Beliau juga salah seorang penulis produktif yang telah menerbitkan lebih dari 100 artikel jurnal tentang beberapa topik seperti depresi postpartum, trauma lahir, PTSD/ posttraumatic stress disorder karena melahirkan, fenomenologi, grounded theory, meta-analisis, pengembangan instrumen, meta-sintesis, dan analisis naratif. Saat ini upaya penelitian Cheryl difokuskan pada (1) dampak trauma lahir pada menyusui, (2) efek DHA pada depresi postpartum, dan (3) penilaian psikometri dari Postpartum Depression Screening Scale melalui administrasi telepon.
Depresi Postpartum adalah gangguan mood yang secara historis sering diabaikan dalam perawatan kesehatan, membiarkan ibu menderita dalam ketakutan, kebingungan, dan keheningan. Jika hal ini tidak terdiagnosa, dapat mempengaruhi hubungan ibu-bayi dan menyebabkan masalah emosional jangka panjang bagi anak. Teori ini membedakan depresi postpartum dari gangguan mood dan kecemasan postpartum lainnya dan aspek-aspek depresi postpartum: gejala, prevalensi, faktor risiko, intervensi, dan efek pada hubungan dan perkembangan anak. Juga dibahas tentang Instrumen yang tersedia yang digunakan untuk skrining depresi postpartum. Cheryl menegaskan bahwa depresi merupakan hasil dari kombinasi stres fisiologis, psikologis, dan lingkungan dan bahwa gejala bervariasi dan kemungkinan akan muncul beberapa gejala.
Cheryl memperkenalkan NURSE program untuk menangani depresi postpartum. NURSE program ini meliputi 5 aspek perawatan yang diperlukan untuk menyembuhkan depresi postpartum, yaitu:
·                   Nourishment and needs (nutrisi dan kebutuhan lain)
·                   Understanding (pemahaman)
·                   Rest and relaxation (istirahat dan relaksasi)
·                   Spirituality (spiritualitas)
·                   Exercise (latihan)
Masing-masing aspek didiskusikan secara terpisah dan dikolaborasikan dengan ibu yg bersangkutan. Mereka seringkali hanya bisa berfokus pada satu atau dua aspek dalam satu waktu, namun program ini harus diselesaikan dalam setiap tahap penyembuhan mereka.




6.         Merle Helaine Mishel.
Teori Keraguan terhadap penyakit/ Uncertainty in Illness Theory oleh Merle Helaine Mishel.
   Mishel memiliki gelar master dalam keperawatan jiwa dan PhD dalam psikologi sosial. Dia dikenal karena penelitiannya tentang keraguan dan manajemen dalam penyakit kronis dan mengancam jiwa. Dia memiliki keahlian dalam respon psikososial untuk pasien kanker dan penyakit kronis serta intervensi untuk mengelola keraguan. Dia juga mengembangkan instrumen yang digunakan di seluruh dunia tentang keraguan terhadap penyakit yaitu Uncertainty in Illness Scale—Community Form(MUIS-C).
Penelitian Mishel di bidang pengajaran pasien kanker untuk mengadvokasi perawatan mereka sendiri telah mendapatkan pengakuan nasional. Dia juga mempelajari apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perawatan kesehatan yang diterima pasien kanker tanpa meningkatkan biaya pada sistem yang sudah terbebani. Dia bekerja pada pasien kanker prostat dan kanker payudara.
Teori ini menjelaskan bahwa keraguan dapat mempengaruhi kemampuan pasien untuk beradaptasi pada suatu penyakit. Keraguan dalam hal ini diartikan sebagai “ketidakmampuan pasien untuk menentukan makna kejadian suatu penyakit dan kemungkinan memprediksi secara akurat akibat yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut”.
Konsep keraguan terhadap penyakit yang berlaku untuk penyakit akut dan kronis telah dijelaskan dalam literatur sebagai stressor kognitif, rasa kehilangan kontrol, dan persepsi keraguan bahwa terjadi perubahan keadaan dari waktu ke waktu. Keraguan terhadap penyakit berhubungan dengan penyesuaian yang buruk, dan sering perlu dinilai sebagai ancaman yang memiliki efek merusak. Dalam populasi sakit, keraguan terhadap penyakit terkait dengan kepekaan yang meningkat terhadap nyeri dan toleransi yang menurun terhadap rangsangan nyeri. Keraguan terhadap penyakit juga terkait dengan koping maladaptif, distress psikologis yang lebih tinggi, dan penurunan kualitas hidup. Literatur mengenai keraguan terhadap penyakit dalam kaitannya dengan nyeri agak terbatas tetapi jelas menunjukkan potensi dampak negatif terhadap persepsi dan penyesuaian terhadap nyeri.
Mishel menyatakan keraguan pada awalnya merupakan tingkatan netral kognitif yang mewakili ketidakmampuan pasien dengan kondisi kronis atau yang mengancam jiwa untuk mengintepretasi kejadian yang terkait dengan penyakit dan bahwa intervensi keperawatan harus membantu pasien beradaptasi dan mengatasi keraguan ini secara produktif, mengintegrasikannya ke dalam kehidupan mereka dan meningkatkan kualitas hidup. Keraguan masing-masing pasien harus dipahami sebagai karakteristik masalah dari pengalaman penyakit individu terlepas dari sifat akut atau kronis berbagai penyakit.

7.         Phil Barker
Tidal Model of Mental Health Recovery Oleh Phil Barker
Tidal model adalah sebuah model pemulihan untuk promosi kesehatan mental yang dikembangkan oleh Profesor Phil Barker, Poppy Buchanan-Barker dan rekan-rekan mereka. Tidal model berfokus pada proses perubahan yang ada pada semua orang. Model ini berusaha untuk mengungkapkan arti dari pengalaman seseorang, menekankan pentingnya suara mereka sendiri dan kebijaksanaan melalui kekuatan metafora. Ini bertujuan untuk memberdayakan seseorang untuk memimpin pemulihannya sendiri bukannya diarahkan oleh para profesional.
Filosofi yang mendasari model ini awalnya terinspirasi oleh penelitian selama lima tahun tentang apa yang dibutuhkan untuk perawatan kesehatan jiwa yang dilakukan oleh Prof. Dr. Chris Barker dan Stevenson di Universitas Newcastle , Inggris. Sejak tahun 2000, model ini telah dipraktekkan di Inggris dan luar negeri.
Karena karyanya di bidang ini, Phil Barker sering disebut sebagai teoris kontemporer yang menonjol dalam keperawatan kesehatan jiwa.
         Tidal model diaplikasikan melalui enam kunci asumsi filosofis yaitu:
a.              keyakinan tentang keingintahuan dalam arti positif
b.             pengakuan atas kekuatan sumberdaya, daripada berfokus pada masalah, kekurangan atau kelemahan
c.              menghormati keinginan seseorang, bukannya paternalistik
d.             penerimaan paradoks krisis sebagai peluang
e.              mengakui bahwa semua tujuan berfokus pada seseorang
f.                     keutamaan mengejar elegan dengan cara sederhana yang mungkin harus dicari
Proses keterlibatan (engagement process)
Agar praktisi dapat memulai proses keterlibatan menggunakan Tidal model, hal-hal yang perlu diperhatikan:
a.         bahwa pemulihan mungkin terjadi
b.         bahwa perubahan tidak bisa dihindari, tidak ada yang tetap
c.          bahwa pada akhirnya, orang tahu apa yang terbaik untuk mereka
d.         bahwa orang memiliki semua sumber daya yang mereka butuhkan untuk memulai   
       perjalanan pemulihan
e.          bahwa orang tersebut adalah guru dan tenaga penolong/praktisi adalah muridnya
f.          bahwa tenaga penolong/praktisi harus kreatif dan mempunyai rasa ingin tahu dalam mempelajari apa yang perlu dilakukan untuk membantu seseorang
Proses keterlibatan dengan orang yang dalam masalah dan kesusahan terjadi dalam tiga domain atau dimensi. Dengan Tidal model, praktisi mengeksplorasi dimensi-dimensi tersebut untuk sadar akan situasi di saat ini dan menentukan apa yang harusnya terjadi sekarang.
a.         Domain diri (self domain) adalah di mana orang merasakan pengalaman mereka. Ada penekanan untuk membuat orang merasa lebih aman dan praktisi membantu mengembangkan “rencana keamanan” atau security plan untuk mengurangi ancaman terhadapnya atau orang lain di sekitarnya.
b.        Domain dunia (world domain) di mana orang berpegang pada kisah mereka. Praktisi Tidal model menggunakan cara khusus untuk mengeksplorasi cerita ini bersama-sama, mengungkapkan makna yang tersembunyi, menggali sumber daya yang ada, dan untuk mengidentifikasi apa yang perlu dilakukan untuk membantu pemulihan.
c.         Domain lainnya (others domain) menggambarkan berbagai hubungan yang dimiliki seseorang di masa lalu, masa sekarang dan masa depan, tidak hanya praktisi Tidal model tetapi juga anggota lain dari tim perawatan kesehatan dan sosial, teman, keluarga dan pendukung lainnya.
         Kekuatan metafora
Tidal model menggunakan metafora atau filosofi air dan menjelaskan bagaimana orang-orang dalam kesusahanatau distress bisa menjadi rapuh secara emosional , fisik dan spiritual. Filosofi ini memandang pengalaman sehat dan sakit seperti zat cair, bukan sebuah fenomena yang stabil, dan kehidupan sebagai sebuah perjalanan yang dilakukan di lautan pengalaman. Filosofi ini menyatakan bahwa kesehatan jiwa, faktor yang terkait dengan krisis kejiwaan, bisa beragam serta kumulatif. Dengan berprinsip pada filosofi ini, perawat atau tenaga penolong lainnya akan mendapatkan pemahaman yang lebih tentang situasi yang saat itu sedang dihadapi seseorang dan perlunya suatu perubahan. Dengan ini, praktisi atau tenaga penolong, seiring berjalannya waktu, akan dibimbing untuk merawat atau mengasuh seseorang mulai dari awal perjalanan mereka hingga terdampar, tenggelam atau sebaliknya dicampakkan oleh permasalahan hidup mereka. Eksplorasi kemudian dapat dilakukan untuk mengetahui apa yang sebenarnya menyebabkan badai dan apa yang perlu dilakukan segera untuk dapat berlayar lagi.
Nilai Tidal model dapat diringkas menjadi sepuluh komitmen yang perlu diperhatikan:
1.             Value the voice (menghargai suara)
         Mendengarkan cerita seseorang adalah yang hal yang terpenting.
2.             Respect the language (hormati bahasa)
        Memungkinkan orang untuk mengekspresikan, menggambarkan, dan mendeskripsikan pengalaman hidup mereka menggunakan cara dan bahasa mereka sendiri.
3.             Develop genuine curiosity (mengembangkan rasa ingin tahu)
         Menunjukkan ketertarikan dan rasa ingin tahu tentang cerita orang tersebut.
4.             Become the apprentice (menjadi apprentice)
         Menempatkan diri dalam cerita tersebut dan belajar serta mengambil hikmah dari cerita orang yang anda bantu (klien).
5.             Reveal personal wisdom (mengungkapkan kebijaksanaan)
         Pada dasarnya setiap orang memiliki sikap bijaksana dalam menghadapi setiap pengalaman hidupnya. Praktisi atau tenaga penolong mempunyai tugas untuk membantunya mengungkapkan kebijaksanaan tersebut yang akan membantu dalam proses pemulihannya.
6.             Be transparent (jadilah transparan atau terbuka)
         Baik klien maupun praktisi atau tenaga penolong profesional berada dalam posisi istimewa dan harus menjadi model yang percaya diri, dengan cara setiap saat menjadi transparan atau terbuka dan membantu untuk memastikan klien tersebut memahami apa yang sebenarnya sedang dilakukannya.
7.             Use the available toolkit (gunakan sumberdaya yang ada)
          Cerita seseorang berisi informasi yang berharga untuk mengetahui sumberdaya mana yang dapat digunakan untuk membantu proses pemulihan dan mana yang tidak dapat digunakan.
8.             Craft the step beyond (menentukan langkah)
         Praktisi atau tenaga penolong bersama-sama dengan klien membangun sebuah apresiasi dan menentukan langkah apa yang harus dilakukan "sekarang" karena langkah awal merupakan langkah yang penting.
9.             Give the gift of time (berikan waktu)
         Tidak ada yang lebih berharga daripada waktu yang dihabiskan praktisi dan klien bersama-sama. Pertanyaan yang harus ditanyakan bukan “Berapa banyak waktu yang masih kita punya?” melainkan "Bagaimana kita menggunakan waktu yang ada saat ini?".
10.         Know that change is constant (ketahuilah bahwa perubahan adalah konstan)
         Hal ini merupakan pengalaman umum bagi semua orang.
Konsep mayor dan definisi
Tidal model berawal dari empat poin penting, yaitu:
1.         Fokus terapeutik yang utama dalam kesehatan jiwa ialah dalam komunitas.
       Manusia hidup di “lautan pengalaman” dan krisis kejiwaan hanyalah satu dari sekian banyak hal yang dapat “menenggalamkan” mereka. Tujuan keperawatan atau asuhan kesehatan jiwa ialah untuk mengembalikan mereka ke “lautan pengalaman” tersebut sehingga mereka dapat melanjutkan perjalanan hidup mereka.
2.         Perubahan merupakan proses yang terus berjalan dan konstan
       Manusia akan terus berubah, namun kadang mereka tidak menyadarinya. Salah satu tujuan utama intervensi yang dilakukan ialah untuk membantu klien membangun kesadaran bahwa sekecil apapun perubahan itu akan membawa dampak yang besar bagi hidupnya.
3.         Kekuatan terletak pada proses asuhan
       Perawat membantu klien untuk mengidentifikasi bagaimana ia dapat lebih berperan ddalam hidupnya dan mengontrol hidupnya serta pengalaman yang didapatnya.
4.         Perawat dan klien adalah satu, tidak dapat dipisahkan seperti penari dalam sebuah tarian.

8.         Kristen Swanson
Theory Of Caring Oleh Kristen Swanson
Asal teori Swanson dapat ditemukan dalam wawancara yang dilakukannya pada wanita yang mengalami keguguran, orangtua yang memiliki anak di unit perawatan intensif, dan ibu yang secara sosial berisiko dan telah melalui system untuk menerima berbagai macam bentuk perawatan kesehatan (Potter et al. 2005).
Melalui wawancara ini, Swanson mampu memahami ruang lingkup caring secara keseluruhan dan pada saat yang sama menguraikan dimensi spesifik dari apa yang diperlukan seorang perawat untuk merawat pasien. Salah satu hal paling penting yang memberikan kontribusi pada teori keperawatan dalam hal ini, yaitu argumen bahwa pasien seharusnya tidak hanya dilihat sebagai individu yang terpisah, melainkan sebagai manusia seutuhnya, yang saat ia menulis "berada di tengah-tengah dan yang menjadi keutuhan dibuat nyata dalam pikiran, perasaan dan perilaku "(Swanson, 1993). Hal yang menarik tentang pengertian pasien ini adalah bahwa Swanson selalu menempatkan peran perawat dalam proses becoming tersebut. Jadi dalam aspek kesehatan becoming tersebut, perawat tidak hanya menjadi dispenser pengobatan medis, tetapi juga merupakan mitra dalam membantu pasien lebih dekat dengan tujuannya (well-being).

Tingkat dan Ruang Lingkup Teori
Tingkat dan ruang lingkup teori memerlukan segala sesuatu baik hubungan antara pasien dan perawat, maupun keseluruhan hubungan antara profesi keperawatan dan masyarakat. Hal ini karena konsep Swanson tentang “person” tergantung pada tingkat analisis dan disposisi yang sedang dilakukan perawat dalam merawat pasien. Dalam beberapa kasus, "person" dapat diartikan hanya satu orang saja yaitu pasien, sementara dalam kasus lain bisa diartikan juga anggota keluarga yang secara langsung sangat erat terlibat. Menurut Swanson, yang lain bahkan bisa menjadi konsep dan ideal yang harus diperjuangkan perawat, termasuk hak asasi manusia, akses ke perawatan kesehatan, dan keadilan sosial.

Konsep Mayor dan Definisi
1.      Caring
Caring adalah cara mengasihi orang lain dengan adanya komitmen dan tanggungjawab terhadap orang tersebut (Swanson,1991).
2.      Knowing
Knowing dalam hal ini dimaksudkan memahami arti sebuah peristiwa yang terjadi dalam hidup orang lain, menghindari asumsi-asumsi, berfokus pada orang yang dirawat / pasien, mengkaji, serta melibatkan orang yang memberi asuhan dan orang yang diberi asuhan dalam proses “knowing” atau pengenalan (Swanson,1991).
3.      Being with
Dalam hal ini dimaksudkan mendukung orang lain secara emosional termasuk keberadaannya untuk orang lain dan berbagi kesedihan dengan orang tersebut (Swanson,1991).
4.      Doing for
Yang dimaksud adalah melakukan sesuatu demi kepentingan orang lain termasuk memenuhi kebutuhan, kenyamanan, dan melindungi orang tersebut (Swanson,1991).
5.      Enabling
Yaitu memfasilitasi orang lain untuk melalui masa-masa transisi dalam hidupnya dan melewati setiap peristiwa hidupnya dengan berfokus pada peristiwa tersebut, mendukungnya, memberi penjelasan, memvalidasi apa yang dirasakan, menemukan alternatif penyelesaian, dan memberikan feedback / umpan balik (Swanson,1991).
6.      Maintaining belief
Yaitu menumbuhkan keyakinan seseorang dalam melalui setiap peristiwa hidup dan masa-masa transisi dalam hidupnya serta menghadapi masa depan dengan penuh keyakinan, meyakini kemampuan orang lain, menumbuhkan sikap optimis, membantu menemukan arti atau mengambil hikmah dari setiap peristiwa, dan selalu ada untuk orang lain dalam situasi apa pun.
Asumsi Teori
Asumsi dasar dari teori ini ditemukan dalam gagasan caring yang dijelaskan Swanson. Menurut Swanson, caring adalah proses multifaset yang terus ada dalam dinamika hubungan pasien-perawat. Ada yang melihat proses ini sebagai hubungan yang linear, namun juga harus dianggap sebagai hubungan siklik, dan proses yang terjadi harus selalu diperbarui karena peran perawat untuk membantu klien mencapai kesehatan dan kesejahteraan.
Secara umum, proses yang terjadi sebagai berikut, pertama perawat membantu klien mempertahankan keyakinannya, yang berarti bahwa perawat mendorong pasien dan membantu untuk memperkuat harapan mereka mengatasi kesulitan saat ini. Hal ini sangat penting terutama dalam kasus di mana pasien menghadapi penyakit yang mengancam nyawa seperti kanker, atau peristiwa yang sangat traumatis seperti keguguran (Swanson & Wojnar, 2004).
Sebagai pelengkap dan langkah berikutnya dalam proses untuk mempertahankan keyakinan, adalah "knowing". Dalam proses “knowing”, perawat berusaha untuk memahami apa arti situasi yang terjadi saat ini bagi pasien, hal ini muncul dalam bentuk latihan sebagai seorang perawat, yang menciptakan seseorang dengan rasa tertentu bagaimana kondisi fisik dan psikologis dapat mempengaruhi seseorang secara keseluruhan. Dengan mengetahui apa yang dialami pasien, perawat kemudian dapat melanjutkan proses "do for", ada untuk memberikan tindakan terapi dan intervensi bagi pasien. Proses “do for”, diikuti dengan proses "enabling" yang memungkinkan pasien untuk mencapai kesehatan dan kesejahteraannya.

9.        SHIRLY M. MOORE
       Teori Hidup damai di akhir
Sumber Teoritis
Akhir Hidup Damai (EOL). Teori ini adalah informasi oleh sejumlah kerangka teoritis. Hal ini didasarkan terutama pada model klasik Donabedians struktur, proses dan hasil (Ruland & Moore, 1998) yang sebagian, dikembangkan dari teori besar pengaruh systems. Dalam teori EOL, pengaturan struktur adalah sistem keluarga (pasien sakit parah dan semua orang lain yang signifikan) yang menerima perawatan dari profesional pada unit rumah sakit perawatan akut.
Proses didefinisikan sebagai tindakan-tindakan (intervensi keperawatan) yang dirancang untuk mempromosikan positif hasil dari berikut:
(1) bebas dari rasa sakit,
(2) mendapatkan penghiburan,
(3) mendapatkan martabat dan rasa hormat,
(4) Berada dalam kedamaian dan
(5) mengalami kedekatan kepada orang lain yang signifikan dan mereka yang peduli.
Penggunaan Bukti Empiris
Teori EOL damai didasarkan pada bukti empiris yang berasal dari kedua pengalaman langsung dari perawat ahli dan mengkaji secara menyeluruh literatur menangani beberapa komponen teori. Para standart perawatan terdiri dari praktek terbaik berdasarkan bukti penelitian yang diturunkan di bidang nyeri, kenyamanan gizi manajemen, dan teori preskriptif relaxation.
Ruland dan Moore (1998) mengidentifikasi enam pernyataan teoritis untuk teori mereka sebagai berikut:
1.             Monitoring dan mengelola rasa sakit dan menerapkan intervensi farmakologis dan nonpharmacologic kontribusi dari pengalaman pasien tidak sakit.
2.              Mencegah, pemantauan dan menghilangkan ketidaknyamanan fisik, memfasilitasi istirahat, relaksasi dan kepuasan, dan mencegah komplikasi berkontribusi dengan pengalaman pasien kenyamanan.
3.             Termasuk yang lain pasien dan signifikan dalam pengambilan keputusan tentang perawatan pasien, memperlakukan pasien dengan martabat, empati dan rasa hormat dan menjadi perhatian terhadap pasien menyatakan kebutuhan, keinginan, dan preferensi berkontribusi dengan pengalaman pasien martabat dan rasa hormat.
4.             Memberikan dukungan emosional, pemantauan dan pertemuan pasien menyatakan kebutuhan untuk obat antiansietas, kepercayaan inspirasi, memberikan yang lain pasien dan signifikan dengan bimbingan dalam masalah-masalah praktis dan memberikan kehadiran fisik orang lain peduli apakah berkontribusi diinginkan untuk pengalaman pasien merasa damai.
5.             Fasilitasi dan berpatisipasi signifikan dalam perawatan pasien, empati kesedihan orang lain, kekhawatiran dan pertanyaan dan memfasilitasi peluang untuk kedekatan keluarga kepada orang lain yang signifikan atau orang yang peduli.
6.             Pengalaman pasien tidak sakit, kenyamanan, martabat, dan rasa hormat yang damai, kedekatan dengan orang lain yang signifikan atau orang-orang yang peduli berkontribusi sampai akhir hidup damai.
Pengembangan Lebih Lanjut
            Teori EOL damai adalah sebuah teori baru yang menggunakan sumber asli dan dengan demikian, Ruland dan Moore mengakui. Sejumlah langkah dapat digunakan untuk memajukan pembangunan. orang bisa mempertimbangkan penggabungan beberapa kriteria proses dari tiga conceps (nyeri, kenyamanan, damai) menciptakan sebuah konsep tunggal yang terkait dengan manajemen gejala fisik psikologis.
Konsep atau pemetaan analisis dapat digunakan untuk menentukan jika beberapa kriteria proses yang berhubungan dengan tiga konsep (nyeri, kenyamanan, damai). Misalnya :
1.             Kreteria proses dan konsep nyeri (monitoring dan mengelola rasa sakit dan menerapkan intervensi farmakologis dan non phramlocological)
2.             kriteria proses kenyamanan  (mencegah, pemantauan, dan menghilangkan ketidaknyamanan fisik)
3.              proses perdamaian kriteria (pemantauan dan pasien yang memenuhi kebutuhan obat anti ansietas).
4.             Intervensi nonpharmacological (misalnya musik, humor, atau relaksasi) yang berfungsi untuk distrac pasien sekarat yang berguna untuk menghilangkan nyeri, kecemasan, dan ketidaknyamanan fisik secara umum. Revisi ini juga akan berfungsi untuk menghubungkan Teori EOL Damai untuk berbagai teori tengah Baik dan Moore (1996).

10.  Georgene Gaskill Eakes
Para NCRCS ( The Nursing Consurtium  For Research on Chronic Sorrow ) berdasarkan berbagai Middle Range Theory  kesedihan Cronic pada dua sumber utama. Karya Olshansky pada tahun 1962 dikutip sebagai dasar dari konsep asli kesedihan kronis (Eakes, Burke & Hainsworth, 1998). Lazarus dan Folksmans (1984) model stres dan adaptasi membentuk dasar bagi konseptualisasi tentang bagaimana orang mengatasi kesedihan kronis.
Konsep kesedihan kronis berasal  karya Olshansky Tahun 1962 (Lindgren, Burke, Hainsworth, & Eakes, 1992). Para ahli teori NCRCS mengutip pengamatan Olshanskys, orang tua mengalami kesedihan berulang dan  kesedihan kronis panjang. Konsep aslinya digambarkan secara luas sebagai deskripsi sederhana reaksi psikologis untuk situasi tragis "(Lindgren et al, 1992).
Selama 1980 peneliti lain mulai meneliti pengalaman orang tua dari anak-anak  baik secara fisik atau cacat mental. Karya ini divalidasi kesedihan yang berulang dan sifat tidak pernah berakhir duka yang dialami oleh orang tua. Sebelumnya untuk pekerjaan ini, duka dikonseptualisasikan sebagai proses yang menyelesaikan dari waktu ke waktu dan jika belum terselesaikan, kesedihan yang abnormal menurut Bowlby dan Lindemans (Lindgren et al, 1992). Berbeda dengan konseptualisasi terikat waktu, yang melekat dalam konsep kesedihan kronis adalah bahwa kesedihan berulang merupakan pengalaman normal, menurut Wikler, Wasow, dan Hatfiled (Lindgren et al, 1992). Burke dalam studinya anak-anak dengan spina bifida, kesedihan kronis didefinisikan sebagai kesedihan luas yang bersifat permanen, periodik dan progresif di alam '(hainsworth, Eakes, Burke 1994).
NCRCS tidak membatasi teori mereka adanya kesedihan kronis tetapi berusaha untuk memeriksa respon terhadap duka. Mereka memasukkan Lazarus dan Folksmans 1984 bekerja pada stres dan adaptasi sebagai dasar untuk metode manajemen yang efektif yang dijelaskan dalam model mereka (Eakes et al, 1998) Kesenjangan ditemui dan respon untuk kembali kesedihan merangsang mekanisme koping individu. Ada  kategori mengatasi gaya atau manajemen. Strategi koping internal meliputi tindakan - berorientasi kognitif penilaian kembali dan perilaku interpersonal. Dengan demikian berbagai Middle Range Theory  kesedihan kronis diperpanjang dasar teoritis kesedihan kronis dalam situasi tertentu tetapi juga tanggapan berupaya untuk fenomena tersebut.
Konsep Mayor dan Definisi Kesedihan Kronis
Kesedihan kronis adalah kesenjangan yang sedang berlangsung yang dihasilkan dari kerugian ditandai dengan pervasif dan permanen. Gejala kesedihan berulang secara periodik dan gejala ini berpotensi progresif.
Kerugian
Kerugian terjadi sebagai akibat dari kesenjangan antara situasi ideal dan nyata atau pengalaman. Misalnya ada seorang anak yang sempurna dan seorang anak dengan kondisi kronis yang berbeda dari ideal itu.
Pemicu
Kejadian
Situasi pemicu kejadian , keadaan dan kondisi yang menonjolkan perbedaan atau kehilangan berulang dan memulai atau memperburuk perasaan berduka.
Metode
manajemen
Metode manajemen sarana yang berhubungan dengan individu kesedihan kronis. Ini mungkin internal (strategi koping pribadi) atau eksternal (praktisi perawatan kesehatan atau orang lain yang intervensi)
Manajemen yang tidak efektif
Efektif manajemen hasil dari strategi yang meningkatkan ketidaknyamanan individu atau meningkatkan perasaan kesedihan kronis.
Manajemen Efektif
Efektif manajemen hasil dari strategi yang mengarah pada peningkatan kenyamanan individu yang terkena.








BAB III
ANALISA KELOMPOK

Berdasarkan uraian yang telah dibahas pada tinjauan teori, Middle Range teori adalah suatu pengembangan teori pada tingkat yang lebih kongkret  daripada Grand Teori,karena pada Grand teori lebih berfokus pada fenomena pusat dari disiplin ilmu seperti individu sebagai sistem adaptif, defisit perawatan diri,kesatuan manusia, atau menjadi manusia. Grand Teori yang kerangkanya  terdiri dari konsep-konsep dan pernyataan relasional yang menjelaskan fenomena abstrak.Sedangkan Midle Range Theory diorganisasi dalam lingkup terbatas, memiliki sejumlah varibel terbatas, dapat diuji secara langsung. Teori Middle-Range memiliki hubungan yang lebih kuat dengan penelitian dan praktik. Hubungan antara penelitian dan praktik menurut Merton (1968), menunjukkan bahwa Teori Mid-Range amat penting dalam disiplin praktik.
Pengembangan Middle Range Theory bisa bersumber dari Grand Teori,atau dapat pula bersumber dari hasil penelitian klinis langsung, hal ini dapat kita lihat dari pernyataan beberapa ahli. Mungkin ada hubungan yang eksplisit antara beberapa grand teori dan middle range teori. Sebagai contoh, (middle range teori) Reed (1991)  transendensi-diri dan (1988) teori Barrett kekuasaan secara langsung terkait dengan Ilmu Rogers dari Kesatuan Manusia. Teori Midle range lainnya mungkin tidak memiliki hubungan langsung dengan grand teori. Dalam hal ini,asumsi-asumsi filosofis yang mendasari middle range teori  dapat berada pada tingkat paradigma, bukan dari Grand Teori. Namun demikian, hubungan ini penting untuk menetapkan validitas sebagai teori.
            Jika kita bandingkan dengan filosofi teori dan Grand teori,middle range teori dapat digunakan langsung dalam tatanan  praktik, karena memiliki variable yang spesifik misalnya kita ambil contoh dari Teori Trajectory Illness dari Wiener dan Dodd, teori ini lahir dari bentuk studi kualitatif yang dilakukan pada khusus penderita kanker,kemudian juga teori Cheryl T.Beck yang mengkhususkan teori pada tatanan praktik yang diaplikasikan pada Post Partum Depresion.
Midle range teori adalah bagian dari struktur disiplin ilmu keperawatan.Teori ini menjelaskan fenomena spesifik yang terkait dengan praktek keperawatan. Kajian analisis teori transendensi-diri menjelaskan bagaimana penuaan atau mendorong kerentanan manusia melampaui batas-batas untuk diri intrapribadi fokus pada makna kehidupan, interpersonal pada koneksi dengan orang lain dan lingkungan, temporal untuk mengintegrasikan masa lalu, sekarang, dan masa depan, dan transpersonally untuk terhubung dengan dimensi di luar fisik realitas. Transendensi-diri ini terkait dengan kesejahteraan atau penyembuhan, salah satu dari diidentifi kasi fokus dari disiplin keperawatan. Teori ini telah diuji dalam penelitian dan digunakan untuk memandu praktik keperawatan. Dengan ekspansi Middle Range Teori memperkaya disiplin ilmu keperawatan.
Dari beberapa ciri yang dimiliki Middle Range Teori  ada beberapa aspek yang menjadi catatan penting yaitu posisi Middle Range Teori berada pada lingkaran tengah, semi konsep semi praktis. Dapat dilakukan ditarik keatas mendekati  tatanan konsep dapat pula ditarik kebawah lebih mendekati praktik klinik, tergantungan penggunaan konsep-konsep dan aplikasinya. Hal ini dapat kita lihat pada beberapa cirri yang diungkapkan oleh beberapa ahli yang menyatakan Middle Range Teori dipengaruhi oleh penggunaannya yang mampu diaplikasikan dalam berbagai situasi, masih memiliki suatu unsur abstrak ,namun lebih mudah diaplikasikan ke dalam praktik  dibandingkan dengan Grand Teori.














DAFTAR PUSTAKA

Beck, Cheryl Tatano.2006. Postpartum mood and anxiety disorders : a clinician’s guide. Sudbury: Jones and Bartlett Publishers
Kim, Hesook Suzie & Kollak, Ingrid. 2006. Nursing Theories, Conceptual & Philosophical Foundations. Second edition. New York: Springer Publishing Company.
Kolcaba. 1997. Comfort Theory and Practice. www.thecomfortline.com. Diunduh tanggal 30 September 2011, jam 21.10
McKenna, Hugh.1997. Nursing Theories and Models. New York: Routledge.
Meleis, Afaf Ibrahim. 2010.Transitionstheory: middle-range and situation specific theories in nursing research and practice. New York: SpringerPublishingCompany.
Parker,Marilyn E. & Smith, Marlaine Cappelli. 2010. Nursing theories and nursing practice.  3rd ed. Philadelphia:  F. A. Davis Company.
Peterson,Sandra J. & Bredow, Timothy S.2009. Middle Range Theories, Application to Nursing Research. Second edition. Philadelphia: Lippincott William & Wilkins.
Sieloff, Christina Leibold and Frey, Maureen A. 2007. Middle Range Theory Development Using King’s Conceptual System. New York: Springer Publishing Company .
Smith,Mary Jane & Liehr, Patricia R. 2008. Middle range theory for nursing. 2nd ed.  New York: Springer Publishing Company.
Tomey, Alligood. 2006. Nursing Theorist and Their Work. Sixth edition. Toronto: The CV Mosby Company St. Louis

1 komentar: